Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Silahkan informasi Lebih lanjut hubungi 0857-2971-0988,0852-2836-6998 Kantor buka jam 08.00-16.00 WIB
Home » , , , » BIBIT AKASIA MANGIUM SEBAGAI LANGKAH REBOISASI

BIBIT AKASIA MANGIUM SEBAGAI LANGKAH REBOISASI

 BIBIT AKASIA MANGIUM SEBAGAI LANGKAH REBOISASI

(Gambar Akasia Mangium)

      Pohon Akasia merupakan kelompok tanaman yang termasuk dalam famili Fabaceae. Karakteristik umum dari pohon Akasia termasuk daun-daun yang halus dan berbentuk pinnate (berbulu-bulu), serta bunga yang umumnya berbentuk bulat atau tandan. Tanaman ini tersebar luas di berbagai bagian dunia, dan sebagian besar jenisnya berasal dari Australia dan Afrika. Jenis Akasia memiliki keberagaman dengan ciri-ciri yang berbeda-beda, contohnya Akasia mangium, Akasia nilotica, dan Akasia dealbata (Akasia Srengenge).
        Akasia mangium adalah salah satu jenis tanaman Akasia yang memiliki berbagai manfaat ekonomi dan ekologis. Akasia mangium berasal dari Australia Utara, tetapi sekarang tersebar luas di wilayah tropis dan subtropis di seluruh dunia. tanaman akasia diperoleh dari bibit yang yang ditanaman. Bibit tanaman akasia memiliki karakteristik meliputi :
A. Manfaat dan kegunaan
    1. Produksi kayu, Akasia mangium sering ditanam untuk tujuan produksi kayu. Kayu dari                           Akasia mangium memiliki pertumbuhan yang cepat, dan kegunaannya melibatkan                                     industri kayu, konstruksi, dan produksi kertas dan pulp
    2. Rehabilitasi tanah, Akasia mangium dapat digunakan dalam program rehabilitasi tanah                           terdegradasi karena akarnya yang kuat dapat membantu mencegah erosi dan                                           meningkatkan kesuburan tanah.
    3. Bahan bakar: Kayu Akasia mangium juga digunakan sebagai bahan bakar kayu.
   4. Pertanian agroforestri, Akasia mangium dapat ditanam bersama tanaman pertanian atau                            tanaman lain untuk mencapai manfaat yang beragam.
B. Karakteristik ekologis :
    1. Fiksasi nitrogen: Seperti banyak spesies Akasia, Akasia mangium juga dapat membentuk                     simbiosis dengan bakteri Rhizobium yang memungkinkan fiksasi nitrogen, membantu                          meningkatkan kesuburan tanah.
   2. Toleransi terhadap kondisi tertentu: Akasia mangium memiliki toleransi yang baik                                  terhadap berbagai jenis tanah dan kondisi tumbuh, termasuk tanah berpasir dan tanah asam.
    3. Rehabilitasi tanah dan hutan: Akasia dikenal sebagai tanaman yang baik untuk                                       rehabilitasi tanah dan hutan yang terdegradasi. Akarnya yang kuat membantu mengikat                          tanah, mencegah erosi, dan meningkatkan kesuburan tanah
(Gambar Akasia Mangium)

C. Budidaya Akasia :
     1. Pemilihan lokasi di tanah yang berdrainase baik, dan beberapa spesies dapat tumbuh di                          berbagai jenis tanah. Pertimbangkan iklim setempat, suhu, dan curah hujan
    2. Pemilihan bibit yang berkualitas baik, bebas dari penyakit dan hama. Penggunaan bibit                             unggul untuk meningkatkan pertumbuhan dan produktivitas.
    3. Persiapan tanah dengan membersihkan gulma dan memberikan pemupukan awal jika                                diperlukan untuk membantu memastikan pertumbuhan yang baik.
.    4. Penanaman memberikan ruang yang cukup antara tanaman untuk pertumbuhan yang                             optimal yang memperhatikam jarak tanam pada laan ataupun pada polibag.
    5. Pemeliharaan tanaman dengan penyiraman yang cukup, terutama selama fase awal                                  pertumbuhan, melindungi tanaman dari hama dan penyakit dengan melakukan                                        pemantauan    rutin dan tindakan pencegahan yang sesuai.
    6. Pemangkasan untuk membentuk pohon dan meningkatkan kualitas kayu dan membantu                         dalam merangsang pertumbuhan serta mempertahankan struktur pohon yang baik.
    7. Pemanenan dapat dilakukan setelah mencapai ukuran dan umur yang diinginkan.

    Bibit tanaman Akasia Mangium yang unggul dengan perawatan baik akan mempengaruhi keberhasilan dan produktivitas panen tanaman.  Untuk mendapatkan bibit Akasia Mangium yang unggul dan mudah ditanam bisa hubungi nomor kami (wa: 0857-2971-0988). 

         

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Peta Lokasi Kami

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan

Sedia Bibit Pisang  Kultur Jaringan
Bibit Pisang Kultur Jaringan asli hasil laboratarium. Untuk varian Rajabulu, Cavendish, Kepok, Emas Kirana, Ambon Kuning, Barangan, Tanduk dsb.

Bibit Durian Berkaki Ganda

Bibit Durian Berkaki Ganda
Bibit Durian Unggul berkaki Ganda Seperti Musangking, Bawor, Duri Hitam,dsb

Bibit Mangga Mahatir Unggul

Bibit Mangga Mahatir Unggul
Mangga ini dapat tumbuh mudah di daerah tropis Indonesia pada umumnya. Beratnya bisa mencapai 2kg.

Temukan Lapak Kami

Temukan Toko Kami di

Silahkan pesan via WA

Mari Bergabung