Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Silahkan informasi Lebih lanjut hubungi 0857-2971-0988,0852-2836-6998 Kantor buka jam 08.00-16.00 WIB
Home » , » ENERGI RAMAH LINGKUNGAN YANG DIHASILKAN POHON KALIANDRA

ENERGI RAMAH LINGKUNGAN YANG DIHASILKAN POHON KALIANDRA

 ENERGI RAMAH LINGKUNGAN YANG DIHASILKAN POHON KALIANDRA

    Kaliandra adalah sejenis tumbuhan berbuah polong (legum) yang memiliki sekitar 200 jenis anggota dalam genus Calliandra. Tumbuhan ini berupa pohon berukuran sedang dengan bunga tersusun majemuk. Di Indonesia, kaliandra terutama dikenal sebagai kaliandra bunga merah (C. calothyrsus) yang dimanfaatkan sebagai tanaman penghijauan serta sumber pakan ternak. Selain itu, kayu kaliandra juga dapat digunakan sebagai bahan baku pelet kayu yang ramah lingkungan. Pohon kaliandra juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias di perkarangan rumah. Kaliandra juga dilirik investor untuk pengembangan tenaga listrik bioenergi di Mentawai. Adapun klasifikasi ilmiah kaliandra yakni:

Kingdom: Plantae

Subkingdom: Tracheobionta

Superdivisi: Spermatophyta

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Subkelas: Rosidae

Ordo: Fabales

Famili: Fabaceae

Genus: Calliandra

Spesies: Calliandra haematocephala Hassk

(Gambar Bibit Kaliandra)

    Pemeliharaan Tanaman Kaliandra Penyiangan adalah membebaskan tanaman dari persaingan, sementara penyulaman adalah membantu tanaman tumbuh dengan mengurangi kekurangan air. Setelah ditanam, perlu diperhatikan kebutuhan air kaliandra merah. Jika kemudian uratnya senyawa dengan tanah, perawatan selanjutnya menjadi mudah, cukup kita hanya mengontrol sekali 2 hari. Kaliandra merah sering menyerang oleh ulat jengkal, yang menyerang daun dan menyisakan tangkai daunnya. Jika menyerang tanaman muda ataupun agak tua, akan membuat petani rugi besar.

Manfaat Tanaman Kaliandra:
  1. Energi Ramah Lingkungan: Kaliandra dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif yang ramah lingkungan. Kayu kaliandra dapat dijadikan bahan bakar alternatif pengganti batubara, serta bunga dan daunnya dapat dimanfaatkan untuk beternak madu dan pakan ternak.
  2. Rehabilitasi Tanah: Tanaman ini cocok untuk rehabilitasi lahan yang tandus dan gersang. Sistem perakarannya yang kuat membantu dalam memperbaiki kualitas tanah dan mencegah erosi.
  3. Manfaat Ekonomi: Kaliandra memiliki potensi sebagai sumber pendapatan masyarakat. Kayu, daun, dan bunga kaliandra dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan ekonomi, seperti bahan baku wood pellet, pakan ternak, dan sumber energi.
  4. Manfaat Lingkungan: Kaliandra memiliki akar tunggang, akar halus yang jumlahnya sangat banyak, dan daun yang lunak. Hal ini membuatnya cocok untuk menahan erosi, menghijaukan lahan yang kritis, serta menjadi sumber humus tanah.
Untuk mendapatkan bibit kaliandra yang unggul dan mudah ditanam bisa hubungi nomor kami (wa: 0857-2971-0988)

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Peta Lokasi Kami

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan

Sedia Bibit Pisang  Kultur Jaringan
Bibit Pisang Kultur Jaringan asli hasil laboratarium. Untuk varian Rajabulu, Cavendish, Kepok, Emas Kirana, Ambon Kuning, Barangan, Tanduk dsb.

Bibit Durian Berkaki Ganda

Bibit Durian Berkaki Ganda
Bibit Durian Unggul berkaki Ganda Seperti Musangking, Bawor, Duri Hitam,dsb

Bibit Mangga Mahatir Unggul

Bibit Mangga Mahatir Unggul
Mangga ini dapat tumbuh mudah di daerah tropis Indonesia pada umumnya. Beratnya bisa mencapai 2kg.

Temukan Lapak Kami

Temukan Toko Kami di

Silahkan pesan via WA

Mari Bergabung