Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Silahkan informasi Lebih lanjut hubungi 0857-2971-0988,0852-2836-6998 Kantor buka jam 08.00-16.00 WIB
Home » , , » Kandungan Buah Bisbul sebagai Obat Tradisional

Kandungan Buah Bisbul sebagai Obat Tradisional

 Kandungan  Buah Bisbul sebagai Obat Tradisional

(Gambar Bibit Tanaman Bisbul)

Bisbul (Diospyros blancoi A. DC) dikenal juga sebagai Velvet Apple (Inggris) atau Buah Mentega (Indonesia). Bisbul, atau disebut juga dengan nyamplung (Ficus variegata), merupakan tanaman yang umumnya tumbuh di daerah tropis. Beberapa karakteristik bibit tanaman bisbul melibatkan pertumbuhan cepat, daun yang hijau mengkilap, dan kemampuan adaptasi baik di lingkungan yang teduh maupun terbuka. Bibit bisbul biasanya dapat ditemukan dalam bentuk stek atau biji, dan perlu perawatan yang baik untuk memastikan pertumbuhannya yang optimal. Buah yang awalnya hidup liar di hutan-hutan primerdan sekunder Filipina, namun kini telah menyebar di berbagai negeri tropis, termasuk Indonesia.  Buah bisbul berbentuk bulat gepeng, dengan besar kira-kira 5-12 x 8-10 cm, berbulu halus seperti beludru. Termasuk keluarga eboni (suku Ebenaceae) dan berkerabat denganKesemek dan Kayu Hitam. Tak heran jika di negeri asalnya disebut Buah Mabolo atau Buah Berbulu.

Klasifikasi Tanaman Bisbul

Divisi               : Tracheophyta

Subdivisi         : Spermatophytes

Ordo                : Ericales

Famili              :  Ebenaceae

Genus              : Diospyros

Spesies            : Diospyros discolor

Karakteristik Tanaman Bisbul

Tanaman ini berbuah terus menerus sepanjang tahun. Bisbul merupakan tanaman hias pohon yang indah dengan ketinggian mencapai hingga 30 m, tapi umumnya hanya sekitar 15 m atau kurang. Berbatang lurus, dengan diameter batang 50 cm, bercabang mendatar dan bertingkat, dengan tajuk keseluruhan berbentuk kerucut yang lebat dan rapat sehingga gelap dibagian dalammya. Sisi atas daun hijau tua, mengkilap, sisi bawah berbulu halus keperakan, daun muda berwarna hijau muda sampai merah jambu. Buah muda berwarna cokelat kemerahan yang berubah menjadi merah terang, kemudian agak kusam jika matang. Sedangkan daging buah berwarna keputihan, agak keras dan padat, serta kering. Rasanya manis agak sepat dan berbau khas, hampir menyerupai bau keju dan durian

1. Morfologi

 Bisbul adalah pohon yang tumbuh tinggi dengan daun yang berbentuk elips dan ujung yang runcing. Pohon ini juga memiliki buah yang bulat atau lonjong.

2. Buah

 Buah bisbul biasanya berwarna hijau ketika muda dan berubah menjadi oranye atau kuning saat matang. Buahnya memiliki daging yang lembut dan biji di bagian tengah.

3. Habitat

 Tanaman bisbul umumnya dapat ditemui di daerah tropis, terutama di Filipina dan wilayah sekitarnya.

Manfaat Tanaman  Bisbul Antara lain:

1. Kaya Nutrisi

Buah bisbul mengandung vitamin A, C, dan K, serta mineral seperti kalsium dan fosfor. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Serat Tinggi

 Bisbul kaya serat, yang mendukung pencernaan sehat, mengurangi risiko penyakit jantung, dan membantu mengatur kadar gula darah.

3. Antioksidan

 Buah ini mengandung antioksidan, seperti flavonoid, yang dapat membantu melawan radikal bebas dan mendukung kesehatan sel.

4. Menurunkan Kolesterol

 Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bisbul dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Pencegahan Diabetes

 Kandungan serat dan antioksidan dalam bisbul juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah, membantu pencegahan diabetes.

6. Mendukung Fungsi Hati

 Beberapa studi menunjukkan bahwa bisbul dapat mendukung fungsi hati dan membantu dalam detoksifikasi.

Teknil Pemeliharaan Tanaman Bisbul sebagai berikut:

1. Media Tanam

 Pilih media tanam yang baik, seperti campuran tanah taman dengan kompos atau pupuk organik. Pastikan media tersebut memiliki drainase yang baik untuk menghindari genangan air

2. Penyiraman

 Bibit bisbul memerlukan penyiraman yang cukup, tetapi hindari tanah yang terlalu basah. Sebaiknya, biarkan permukaan tanah sedikit kering sebelum disiram kembali.

3. Pemupukan

Berikan pupuk seimbang dengan kandungan unsur hara NPK (Nitrogen, Phosphorus, Potassium) secara teratur untuk mendukung pertumbuhan yang optimal. Pupuk organik juga bisa menjadi pilihan yang baik.

4. Pencahayaan

Tanaman bisbul lebih menyukai cahaya yang cukup, tetapi tidak langsung terkena sinar matahari penuh. Tempatkan bibit di lokasi yang mendapatkan cahaya yang tersebar atau sedikit naungan.

5. Pruning

 Lakukan pemangkasan ringan untuk merawat bentuk dan ukuran tanaman. Ini juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi udara di sekitar tanaman.

6. Perlindungan dari Hama dan Penyakit

Awasi tanaman Anda terhadap serangan hama dan penyakit. Langkah-langkah pencegahan melibatkan pengawasan rutin, kebersihan tanaman, dan penggunaan insektisida atau fungisida alami jika diperlukan.

7. Pemindahan Tanaman

 Pindahkan tanaman ke pot yang lebih besar jika perlu, untuk memberikan ruang bagi akar yang berkembang.

Untuk mendapatkan bibit Bisbul yang unggul dan mudah ditanam bisa hubungi nomor kami (wa: 0857-2971-0988)



0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Peta Lokasi Kami

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan

Sedia Bibit Pisang  Kultur Jaringan
Bibit Pisang Kultur Jaringan asli hasil laboratarium. Untuk varian Rajabulu, Cavendish, Kepok, Emas Kirana, Ambon Kuning, Barangan, Tanduk dsb.

Bibit Durian Berkaki Ganda

Bibit Durian Berkaki Ganda
Bibit Durian Unggul berkaki Ganda Seperti Musangking, Bawor, Duri Hitam,dsb

Bibit Mangga Mahatir Unggul

Bibit Mangga Mahatir Unggul
Mangga ini dapat tumbuh mudah di daerah tropis Indonesia pada umumnya. Beratnya bisa mencapai 2kg.

Temukan Lapak Kami

Temukan Toko Kami di

Silahkan pesan via WA

Mari Bergabung