Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Silahkan informasi Lebih lanjut hubungi 0857-2971-0988,0852-2836-6998 Kantor buka jam 08.00-16.00 WIB
Home » , , » Khasiat Buah Mengkudu Tak Hanya Satu

Khasiat Buah Mengkudu Tak Hanya Satu

Khasiat Buah Mengkudu Tak Hanya Satu

Gambar bibit mengkudu

Tanaman mengkudu (Morinda citrifolia) dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Kingdom: Plantae

Divisi: Spermatophyta

Kelas: Dicotyledoneae

Ordo: Rubiales

Famili: Rubiaceae

Genus: Morinda

Spesies: Morinda citrifolia

Tanaman mengkudu adalah tanaman berbunga yang berasal dari Asia Tenggara. Morfologi umum seperti pohon tinggi 4-8 m, batang berkayu bulat, kulit kasar, penampang batang muda segi empat, coklat kekuningan, daun tunggal bulat telur, ujung dan pangkal runcing, tepi rata, panjang 10-40 cm, lebar 5-17 cm, tangkai pendek berwarna hijau, dan bunga majemuk 7 berbentuk bonggol, bertangkai di ketiak daun.

Mengkudu (Morinda citrifolia) adalah tanaman herbal yang berasal dari Asia Tenggara dan tergolong dalam famili Rubiaceae. Tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti:

  • Mengobati penyakit: Buah mengkudu mengandung berbagai zat anti kanker yang berfungsi untuk membunuh dan menghentikan pertumbuhan sel-sel abnormal dalam tubuh
  • Penghilang rasa nyeri: Kandungan zat-zat analgesik dalam buah mengkudu dapat berfungsi untuk mengatasi nyeri sendi
  • Menyembuhkan organ pencernaan: Buah mengkudu dapat membantu mengatasi masalah kesehatan pada organ-organ pencernaan seperti sakit perut, perut kembung, dan radang lambung
  • Sumber antioksidan: Buah mengkudu mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan pada otot dan jaringan tubuh
  • Meningkatkan energi: Antioksidan dalam buah mengkudu mampu mencegah kerusakan pada otot dan jaringan tubuh, serta membuat para atlet terhindar dari rasa lelah yang berlebihan
  • Meredakan sakit kepala: Daun mengkudu sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai kompres untuk meredakan sakit kepala. Buah mengkudu memiliki hampir semua kandungan nutrisi pokok yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, mineral, protein, serta karbohidrat. Beberapa jenis senyawa kimia penting juga terkandung dalam buah ini seperti terpenoid, selenium, xeronine, scolopetin, serta beberapa senyawa kimia lain.

Cara melakukan pemeliharaan tanaman mengkudu dapat dilakukan beberapa cara antara lain

Tanaman mengkudu membutuhkan air yang cukup untuk tumbuh dengan baik. Penyiraman dapat dilakukan secara teratur, terutama pada musim kemarau. Jika ada tanaman yang mati atau tidak tumbuh dengan baik, maka perlu dilakukan penyulaman dengan menanam bibit baru pada lubang yang sama. Tanaman mengkudu membutuhkan ruang yang cukup untuk tumbuh dengan baik. Oleh karena itu, perlu dilakukan penyiangan secara teratur untuk menghilangkan gulma dan tanaman liar yang tumbuh di sekitar tanaman mengkudu. Selain itu, tanaman mengkudu juga membutuhkan pupuk yang cukup untuk tumbuh dengan baik. Pupuk organik seperti pupuk kandang atau kompos dapat diberikan secara teratur untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman.

Untuk mendapatkan bibit Mengkudu yang unggul dan mudah ditanam bisa hubungi nomor kami (wa: 0857-2971-0988)

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Peta Lokasi Kami

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan

Sedia Bibit Pisang  Kultur Jaringan
Bibit Pisang Kultur Jaringan asli hasil laboratarium. Untuk varian Rajabulu, Cavendish, Kepok, Emas Kirana, Ambon Kuning, Barangan, Tanduk dsb.

Bibit Durian Berkaki Ganda

Bibit Durian Berkaki Ganda
Bibit Durian Unggul berkaki Ganda Seperti Musangking, Bawor, Duri Hitam,dsb

Bibit Mangga Mahatir Unggul

Bibit Mangga Mahatir Unggul
Mangga ini dapat tumbuh mudah di daerah tropis Indonesia pada umumnya. Beratnya bisa mencapai 2kg.

Temukan Lapak Kami

Temukan Toko Kami di

Silahkan pesan via WA

Mari Bergabung