Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Silahkan informasi Lebih lanjut hubungi 0857-2971-0988,0852-2836-6998 Kantor buka jam 08.00-16.00 WIB
Home » , , » Khasiat Jitu Tanaman Nagasari

Khasiat Jitu Tanaman Nagasari

 Khasiat Jitu Tanaman Nagasari


Gambar bibit tanaman nagasari

Tanaman nagasari (Mesua ferrea) adalah tanaman yang berasal dari Asia Tenggara dan India. Tanaman ini memiliki bunga yang indah dan harum, serta buah yang dapat dimakan.

Tumbuhan nagasari diklasifikasikan sebagai berikut:

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Malpighiales

Famili: Calophyllaceae

Genus: Mesua

Spesies: Mesua ferrea

Karakteristik Kayu Nagasari

  1. Warna Kayu: Dibandingkan kayu jati, warna kayu nagasari lebih cerah. Teras kayu tampak berwarna merah muda hingga merah kecoklatan. Sementara itu, bagian gubal berwarna lebih muda dibandingkan bagian teras kayu. Karena hal itu, kayu ini sekilas tampak mirip dengan kayu jati.
  2. Tekstur dan Pola Serat: Jika diraba, tekstur kayu cukup halus dan terasa licin, tetapi di beberapa bagian juga ada yang kasar. Kayu ini mempunyai pola serat yang lurus. Hal inilah yang membuat kayu ini terkenal akan kecantikannya. Di mata masyarakat pun, kebanyakan mengatakan pola kayu ini lebih indah jika dibandingkan dengan kayu meranti.
  3. Keawetan dan Kekuatan: Kayu ini termasuk ke dalam golongan kayu awet kelas III sampai IV, ini berarti kayu nagasari tidak terlalu awet. Maka dari itu, ketika proses pengolahan harus menjaga kayu dari ancaman hama, rayap, jamur stain atau jamur permukaan, teter dan sebagainya. Harus menggunakan treatment khusus agar kayu awet. Meskipun kayu pohon nagasari kurang awet, tetapi kekuatan kayu ini tergolong dalam kelas II sampai III yang berarti termasuk kayu bagus dikarenakan berada di tingkat menengah atau standar.
  4. Daya Retak: Dalam pemanfaatan kayu nagasari, memerlukan kehati-hatian karena kayunya mudah retak. Namun, bukan berarti kayu ini tidak bisa dimanfaatkan.

Manfaat tanaman nagasari

1. Pengobatan Tradisional : Bunga nagasari digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit seperti diare, eksim, rematik, dan penyakit jiwa.

2. Kayu Berkualitas : Kayu nagasari digunakan untuk pertukangan dan bangunan, meskipun ketahanannya rendah namun memiliki keunikan warna merah pada permukaannya.

3. Khasiat Mistik : Kayu nagasari diyakini memiliki khasiat mistik positif, seperti membawa keselamatan, harmonisasi rumah tangga, dan perlindungan.

4. Aromatik : Bunga nagasari juga dikenal karena wangi aromatiknya, dan dipercaya membawa keselamatan serta melambangkan kewibawaan.

1  Pemeliharaan tanaman nagasari

Pemeliharaan tanaman nagasari dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti penyiraman, pemupukan, dan penyulaman. Tanaman nagasari membutuhkan air yang cukup, terutama pada saat awal pertumbuhan. Pastikan tanah selalu lembab, tetapi tidak tergenang air. Penyiraman dapat dilakukan 2-3 kali dalam seminggu. Tanaman nagasari membutuhkan pupuk yang mengandung nitrogen, fosfor, dan kalium. Pemupukan dapat dilakukan setiap 2-3 bulan sekali dengan dosis yang disesuaikan dengan usia tanaman. Jika tanaman nagasari ditanam dalam pot, maka perlu dilakukan penyulaman ke pot yang lebih besar setelah tanaman tumbuh lebih besar. Penyulaman dapat dilakukan setiap 6-12 bulan sekali.


Untuk mendapatkan bibit tanaman nagasari yang unggul dan mudah ditanam bisa hubungi nomor kami (wa: 0857-2971-0988)

 

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Peta Lokasi Kami

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan

Sedia Bibit Pisang  Kultur Jaringan
Bibit Pisang Kultur Jaringan asli hasil laboratarium. Untuk varian Rajabulu, Cavendish, Kepok, Emas Kirana, Ambon Kuning, Barangan, Tanduk dsb.

Bibit Durian Berkaki Ganda

Bibit Durian Berkaki Ganda
Bibit Durian Unggul berkaki Ganda Seperti Musangking, Bawor, Duri Hitam,dsb

Bibit Mangga Mahatir Unggul

Bibit Mangga Mahatir Unggul
Mangga ini dapat tumbuh mudah di daerah tropis Indonesia pada umumnya. Beratnya bisa mencapai 2kg.

Temukan Lapak Kami

Temukan Toko Kami di

Silahkan pesan via WA

Mari Bergabung