Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Silahkan informasi Lebih lanjut hubungi 0857-2971-0988,0852-2836-6998 Kantor buka jam 08.00-16.00 WIB
Home » , , » Mengungkap Aneka Khasiat dari Mistisnya Bambu Kuning

Mengungkap Aneka Khasiat dari Mistisnya Bambu Kuning

Mengungkap Aneka Khasiat dari Mistisnya Bambu Kuning


(Gambar bibit bambu kuning)

Tanaman bambu kuning adalah jenis bambu yang memiliki ciri batang yang beruas-ruas, tinggi, dan berwarna kuning. Tanaman ini seringkali dibudidayakan sebagai tanaman hiasan di kawasan tropis, seperti di Asia Tenggara. Tanaman bambu kuning memiliki manfaat dalam pengobatan berbagai jenis infeksi dan sebagai pencegah hepatitis. Selain itu, rebung bambu kuning dapat dimanfaatkan sebagai makanan, sementara daunnya dapat digunakan sebagai obat asam urat dan pereda batuk.

Klasifikasi ilmiah bambu kuning yaitu:

Kingdom: Plantae

Subkingdom: Tracheobionata

Superdivisio: Spermatophyta

Divisio: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Ordo: Poales

Famili: Poaceae

Genus: Bambusa

Spesies: Bambusa vulgaris

Manfaat tanaman bambu kuning:

  • Bambu kuning adalah tanaman yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan keindahan. Berikut adalah beberapa manfaat dari bambu kuning:
  • Menambah Nafsu Makan: Konsumsi bagian rebung dari bambu kuning dapat meningkatkan nafsu makan, karena kandungan selulosa yang tinggi.
  • Obat Herbal: Bagian rebung dari bambu kuning dapat menjadi bahan obat penyakit kuning, dan kandungan asam fenolik membantu memperkuat kondisi tubuh.
  • Energi Positif: Menanam bambu kuning di depan rumah dipercaya mampu mendatangkan energi positif.
  • Mengontrol LDL: Zat flavonoid yang terdapat pada bambu kuning dapat mengobati penyakit lever dan mengurangi kadar asam urat.
  • Pereda Batuk: Bambu kuning dapat digunakan sebagai obat penyakit pernapasan.
  • Obat Radang Paru-Paru: Bambu kuning dapat digunakan sebagai obat radang paru-paru.
  • Menurunkan Berat Badan: Rebung dari bambu kuning dapat menjadi salah satu pilihan yang baik untuk orang yang sedang diet, karena mempunyai kandungan serat tinggi yang membuat cepat kenyang, dan tidak mempunyai lemak dan kalori
  • Menghilangkan Lemak dan Kolesterol: Bambu kuning memiliki kadar air mineral yang tinggi, seperti pada bagian tunasnya atau rebung, yang dapat dijadikan alternatif untuk menghilangkan kolesterol.
  • Mengusir Makhluk Kasat Mata: Masyarakat Jawa mempercayai bambu kuning sebagai tanaman yang dapat mengusir makhluk kasat mata, dan dapat digunakan sebagai pagar gaib.
  • Jimat Keselamatan: Bambu kuning dapat digunakan sebagai jimat keselamatan, karena dapat mencegah makhluk halus masuk ke rumah.

Pemeliharaan tanaman bambu kuning:

  1. Penyiraman: Tanaman bambu kuning membutuhkan air yang cukup, terutama pada musim kemarau. Namun, jangan terlalu sering menyiram tanaman karena dapat menyebabkan akar busuk. Sebaiknya, siram tanaman secara teratur namun tidak terlalu banyak.
  2. Pemupukan: Tanaman bambu kuning membutuhkan pupuk yang mengandung nitrogen, fosfor, dan kalium. Pemupukan dapat dilakukan setiap 2-3 bulan sekali.
  3. Penyulaman: Jika tanaman bambu kuning tumbuh terlalu rapat, sebaiknya lakukan penyulaman dengan memindahkan tanaman ke pot yang lebih besar.
  4. Pemangkasan: Pemangkasan dapat dilakukan untuk menjaga bentuk dan ukuran tanaman. Pemangkasan juga dapat merangsang pertumbuhan tunas baru.
  5. Pemeliharaan lingkungan: Tanaman bambu kuning membutuhkan sinar matahari yang cukup dan lingkungan yang lembab. Jika ditanam di dalam ruangan, pastikan ruangan tersebut memiliki ventilasi yang cukup.

 Untuk mendapatkan bibit tanaman bambu kuning yang unggul dan mudah ditanam bisa hubungi nomor kami (wa: 0857-2971-0988)

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Peta Lokasi Kami

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan

Sedia Bibit Pisang  Kultur Jaringan
Bibit Pisang Kultur Jaringan asli hasil laboratarium. Untuk varian Rajabulu, Cavendish, Kepok, Emas Kirana, Ambon Kuning, Barangan, Tanduk dsb.

Bibit Durian Berkaki Ganda

Bibit Durian Berkaki Ganda
Bibit Durian Unggul berkaki Ganda Seperti Musangking, Bawor, Duri Hitam,dsb

Bibit Mangga Mahatir Unggul

Bibit Mangga Mahatir Unggul
Mangga ini dapat tumbuh mudah di daerah tropis Indonesia pada umumnya. Beratnya bisa mencapai 2kg.

Temukan Lapak Kami

Temukan Toko Kami di

Silahkan pesan via WA

Mari Bergabung