Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Silahkan informasi Lebih lanjut hubungi 0857-2971-0988,0852-2836-6998 Kantor buka jam 08.00-16.00 WIB
Home » , , » Peluang Usaha Budidaya Tanaman Merica Perdu

Peluang Usaha Budidaya Tanaman Merica Perdu

 Peluang Usaha Budidaya Tanaman Merica Perdu


Gambar bibit tanaman merica perdu

Tanaman merica (Piper ningrum L.) merupakan salah satu komoditas perdagangan dunia yang dikenal dengan sebutan The King of Spice atau Raja Rempah – rempah. Di Indonesia, lada dikenal dengan sebutan MERICA atau SAHANG. Merica Perdu merupakan jenis tanaman lada yang tidak menjalar dan tidak memerlukan tiang panjat. Hal ini dikarenakan tanaman lada perdu tidak memiliki sulur panjat. Oleh karena itu, tanaman ini tidak bisa tumbuh memanjat pada tiang panjat. Tanaman lada perdu tumbuh seperti tanaman perdu pada umumnya.

Keunggulan lada perdu bila dibandingkan dengan lada panjat, diantaranya yaitu: pemeliharaan tanaman lebih mudah, pelaksanaan panen lebih mudah, berproduksi lebih awal (2 tahun) populasi  tanaman  per  satuan  luas  lebih  banyak  (4000-4500 tanaman/ha), dapat ditanam secara tumpangsari, dan dapat ditanam sebagai tanaman sela diantara tanaman tahunan.

Persiapan Lahan Budidaya

  1. Lada perdu cocok dibudidayakan dengan sistem tumpang sela maupun tumpang sari, karena tanaman ini memerlukan naungan 25 – 50%.
  2. Lada perdu bisa ditumpang sela dengan tanaman perkebunan, misalnya kelapa, cengkeh, mangga dan sengon. Atau ditumpangsarikan dengan tanaman kacang tanah dan jagung.
  3. Tanaman lada perdu yang ditumpang sela dengan tanaman perkebunan memiliki persentase kematian lebih rendah dariapada budidaya lada secara monokultur.
  4. Lada perdu memiliki struktur akar yang dangkal dengan 63,8% perakaran terkonsentrasi pada kedalaman 0-50 cm dari permukaan tanah. Oleh sebab itu jika lada perdu dibudidayakan secara monokultur, sebelum penanaman lada perdu perlu dilakukan penanaman pohon pelindung terlebih dahulu.
  5. Persiapan lahan dimulai pada musim kemarau, sehingga penanamannya dilakukan pada musim hujan, diawali dengan pembersihan lahan, pengajiran dengan jarak tanam 1,5 m x 1,5 m atau 1,5 m x 2 m, dan pembuatan lubang tanam dengan ukuran minimal 35 cm x 35 cm x 35 cm.
  6. Menjelang musim penghujan, lubang tanam ditutup dengan campuran tanah atas dan pupuk kandang sebanyak 5–10kg/lubang tanam, sehingga terbentuk guludan individu setinggi ± 20 cm. Penambahan dolomit 0,5 kg/lubang tanam dapat dilakukan sesuai kebutuhan.
Untuk mendapatkan bibit merica perdu berkualitas unggul, maka dapat menghubungi nomor kami
 (wa : 0857-2971-0988)

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Peta Lokasi Kami

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan

Sedia Bibit Pisang  Kultur Jaringan
Bibit Pisang Kultur Jaringan asli hasil laboratarium. Untuk varian Rajabulu, Cavendish, Kepok, Emas Kirana, Ambon Kuning, Barangan, Tanduk dsb.

Bibit Durian Berkaki Ganda

Bibit Durian Berkaki Ganda
Bibit Durian Unggul berkaki Ganda Seperti Musangking, Bawor, Duri Hitam,dsb

Bibit Mangga Mahatir Unggul

Bibit Mangga Mahatir Unggul
Mangga ini dapat tumbuh mudah di daerah tropis Indonesia pada umumnya. Beratnya bisa mencapai 2kg.

Temukan Lapak Kami

Temukan Toko Kami di

Silahkan pesan via WA

Mari Bergabung