Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Silahkan informasi Lebih lanjut hubungi 0857-2971-0988,0852-2836-6998 Kantor buka jam 08.00-16.00 WIB
Home » , , » Senyawa Permeable Buah Kepel Pencegah Kanker

Senyawa Permeable Buah Kepel Pencegah Kanker

 Senyawa Permeable Buah Kepel Pencegah Kanker 

(Gambar Bibit Buah Kepel)

Klasifikasi Tanaman Kepel

Kingdom: Plantae

Divisi: Tracheophyta

Kelas:  Angiospermae

Ordo:   Magnoliales

Famili  : Annonaceae

Genus: Stelechocarpus

Spesies: Stelechocarpus burahol

Tanaman kepel yang juga disebut burahol, adalah tanaman hias pohon yang indah dan memiliki manfaat yang banyak. Tumbuhan kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) adalah pohon penghasil buah hidangan meja yang menjadi flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta.

Manfaat Tanaman Kepel

  1. Menurunkan Kolesterol: Khasiat buah kepel bagi kesehatan tubuh ini bisa didapatkan karena bagian daging dan biji buah kepel mengandung polifenol, saponin, dan juga flavonoida yang sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam tubuh.
  2. Mengatasi Asam Urat: Khasiat buah kepel bagi kesehatan tubuh lainnya yaitu dapat mengatasi asam urat. Khasiat buah kepel ini berasal dari komponen yang memiliki sifat antihyperuricemic, dimana akan berfungsi dalam mengatasi kelebihan atau kekurangan kadar asam urat di dalam tubuh.
  3. Mengatasi Masalah Ginjal: Buah kepel ternyata juga mampu mengatasi peradangan pada ginjal. Buah kepel memiliki sifat diuretik yang berarti mampu memperlancar buang air kecil.
  4. Mempercepat Regenerasi Sel: Selain berbagai manfaat di atas, buah kepel juga dapat membantu dalam regenerasi sel. Buah kepel mengandung vitamin E, quercetin, serta terpenes yang akan sangat baik dalam percepatan regenerasi sel tubuh serta memurnikan DNA
  5. Mencegah Kanker: Kandungan lain yang ada di dalam daging buah kepel adalah acetogenin, isoflavon, dan juga styryl lactons. Kandungan tersebut akan sangat berguna untuk menjadi pencegah kanker.

Kandungan Tanaman Kepel

Buah kepel mengandung banyak serat dan vitamin C yang baik untuk pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, buah kepel juga rendah kalori sehingga cocok untuk dikonsumsi selama bulan Ramadhan. Adanya antioksidan yang dapat bermanfaat untuk proses diet yang seimbang.

Mekanisme Budidaya dan Pemeliharaan

Tanaman kepel tidak dapat dilakukan dengan penyetekan dan pencangkokan. Memilih benih dan pemupukan yang tepat adalah langkah penting dalam pemeliharaan tanaman kepel

Pemeliharaan tanaman kepel dapat membutuhkan perhatian khusus untuk memastikan pertumbuhan dan kesehatan yang optimal. Berikut beberapa tips umum untuk pemeliharaan tanaman kepel:

Pemeliharaan

  1. Pemberian Air: Jaga kelembaban tanah tetapi hindari genangan air. Siram tanaman secara teratur, terutama pada musim kering. Perhatikan tanda-tanda kelebihan atau kekurangan air pada tanaman.
  2. Pemupukan: Berikan pupuk secara teratur untuk mendukung pertumbuhan yang baik. Pilih pupuk yang kaya akan unsur hara, terutama nitrogen, fosfor, dan kalium. Pemupukan dapat dilakukan setiap beberapa bulan, terutama selama musim pertumbuhan aktif.
  3. Pemangkasan: Lakukan pemangkasan pada tanaman kepel untuk membentuk bentuk yang diinginkan dan merangsang pertumbuhan. Hapus ranting atau daun yang rusak atau mati.
  4. Perlindungan dari Hama dan Penyakit: Periksa secara teratur apakah ada tanda-tanda hama atau penyakit pada tanaman kepel. Gunakan pestisida organik atau tindakan pengendalian hama alami jika diperlukan.
  5. Pemeliharaan Musim Dingin: Jika tanaman kepel tumbuh di daerah yang mengalami musim dingin, pertimbangkan untuk memberikan perlindungan ekstra selama musim dingin, terutama pada tanaman muda.

Untuk mendapatkan bibit Buah Kepel yang unggul dan mudah ditanam bisa hubungi nomor kami (wa: 0857-2971-0988)

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Peta Lokasi Kami

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan

Sedia Bibit Pisang  Kultur Jaringan
Bibit Pisang Kultur Jaringan asli hasil laboratarium. Untuk varian Rajabulu, Cavendish, Kepok, Emas Kirana, Ambon Kuning, Barangan, Tanduk dsb.

Bibit Durian Berkaki Ganda

Bibit Durian Berkaki Ganda
Bibit Durian Unggul berkaki Ganda Seperti Musangking, Bawor, Duri Hitam,dsb

Bibit Mangga Mahatir Unggul

Bibit Mangga Mahatir Unggul
Mangga ini dapat tumbuh mudah di daerah tropis Indonesia pada umumnya. Beratnya bisa mencapai 2kg.

Temukan Lapak Kami

Temukan Toko Kami di

Silahkan pesan via WA

Mari Bergabung